jargonweb.png

Achievement Book

We have 66 guests and no members online

STBA Teknokrat


Sebagai bagian dari masyarakat internasional, siswa wajib menguasai bahasa Inggris

Meningkatnya iklim persaingan global dan interdependensi antarnegara di dunia menempatkan bahasa Inggris sebagai bahasa internasional. Mimimnya penguasaan bahasa Inggris akan melemahkan daya saing dan nilai jual SDM dalam berbagai lini.

 “fifty three countries have english as their official language,” kata pembicara dalam seminar internasional bahasa Inggris Teknokrat, Dawn Wood Wiliams, di kampus setempat, Selasa (24/11).

Seminar yang diikuti siswa SMA/MA se-Lampung tersebut bertema Mastering English Proficiency in competitive era of ASEAN Economic Community. Sebagai bagian dari masyarakat internasional, siswa wajib menguasai bahasa Inggris agar dapat berkompetisi, terutama memasuki era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

Dawn menjelaskan urgensi penguasaan bahasa Inggris di Indonesia adalah untuk mempersiapkan tenaga kerja Indonesia memasuki pasar internasional dengan standar yang lebih tinggi hingga sejajar dengan negara lain.

Pembicara asal Amerika Serikat itu juga menyebutkan cara sederhana mempelajari bahasa Inggris, yaitu melafalkan, mencatat, dan menghafal kosa kata baru setiap hari. “English is more than just a language, it is a door to expand your future,” ujar Down.

Selain pemaparan materi, seminar diisi dengan pementasan teater bahasa Inggris yang membawakan cerita tentang Cinderella. Drama tersebut diperankan mahasiswa S-1 Sastra Inggris.

 

                                       

Pembantu Ketua 1 STBA Teknokrat Hernaini mengatakan seminar tersebut bertujuan memperluas wawasan siswa SMA/MA menghadapi MEA dan memperdalam kemampuan komunikasi berbahasa Inggris, “Bahasa Inggris wajib dikuasai. Salah satu bukti pentingnya bahasa universal tersebut adalah diujikan dalam ujian nasional,” ujar Hernaini.

Pihaknya telah menyusun kisi-kisi soal UN Bahasa Inggris tahun 2015/2016 untuk SMA/MA.”Beberapa jenis soal UN yang kami rancang adalah listening dan reading section,” ujarnya.

Selain memberikan kisi-kisi, peserta seminar juga diajai tips dan trik menjawab soal UN bahasa Inggris mulai dari soal irisan kurikulum tingkat satuan pendidikan dan kurikulum 2013, strategi listening hingga reading.

“kami berharap seluruh materi yang diberikan dapat meningkatkan motivasi siswa memperlajari Bahasa Inggris dan memantapkan persiapan menghadapi UN yang akan berbanding lurus dengan kemajuan pendidikan di Lampung,” kata Hernaini. (Lampung Post - Rabu, 25 November 2015)

Alumni

Social

joomla social media module
397642
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
342
495
1379
393302
6514
10401
397642
Your IP: 54.162.152.232
Server Time: 2017-10-18 20:07:18