Agum Gumelar Ajak Mahasiswa Waspada Paham Komunis
en id
Monday, 22 October 2018

Latest News

Agum Gumelar Ajak Mahasiswa Waspada Paham Komunis

Dewan Pertimbangan Presiden Agum Gumelar mengatakan bangsa yang besar adalah yang menghormati jasa pahlawan. Mahasiswa diajak menelusuri perjalanan bangsa.

"Budi Utomo adalah salah satu tonggak sejarah yang mempersatukan bangsa di bawah tekanan penjajah, sehingga lahirlah Indonesia pada Sumpah Pemuda," kata Agum dalam seminar kebangsaan di Universitas Teknokrat Indonesia, Jumat (28/9/2018).

Para pejuang bersepakat untuk meraih kemerdekaan hingga proklmasi 17 Agustus 1945. "Sejak dahulu, Indonesia punya kondisi geografi dan demografi heterogen. Para pejuang menyepakati Pancasila sebagai ideologi negara," kata Agum.

Dalam perjalanannya, Indonesia dihadapkan pada pemberontakan PKI. "Sebagai generasi yang sama sekali tidak mengenal PKI, mahasiswa harus tahu partai itu adalah bagian dari komunis internasional. Mereka ingin mengkomuniskan Indonesia," ujar dia.

NKRI merupakan hasil perjuangan panjang para pejuang yang bersatu dari berbagai latar. "Mari kita songsong masa keemasan Indonesia dengan semangat nasionalisme," kata Agum.(lampost.co)

Go to Top