Universitas Teknokrat Bangun Fasilitas Olahraga Panahan
en id
Sunday, 19 August 2018

Latest News

Universitas Teknokrat Bangun Fasilitas Olahraga Panahan

Seiring dengan dibukanya Program Studi Pendidikan Olahraga, Universitas Teknokrat Indonesia perlahan mulai membangun berbagai fasilitas penunjang. Hal itu bertujuan tiada lain untuk meningkatkan kualitas pendidikan di bidang olahraga. Yang terbaru Teknokrat membangun fasilitas latihan olahraga panahan.

Menurut salah satu dosen Pendidikan Olahraga Fakultas Sastra dan Ilmu Pendidikan (FSIP), Eko Bagus Fahrizqi, M.Pd, lapangan panahan yang masih sederhana tersebut dibangun untuk sarana latihan mahasiswa dan civitas akademika lainnya.

“Ini bentuk komitmen dari universitas untuk meningkatkan prestasi panahan mahasiswa olahraga. Namun, fasilitas ini juga terbuka untuk civitas akademika bagi yang mau berlatih,” tutur dosen asal Gading Rejo itu.

Eko berharap dengan adanya fasilitas baru tersebut, prestasi mahasiswa di bidang panahan makin meningkat. Saat ini Teknokrat memiliki atlet Panahan berprestasi, Nugraha Afiano Saputra. Mahasiswa angkatan 2017 tersebut pada Januari lalu berhasil menyabet medali emas dalam kejuaraan panahan tingkat nasional pada event Universitas Indonesia Open 2018.

Eko menambahkan, dengan berkembangnya olahraga Panahan di Teknokrat, ke depan akan dipersiapkan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Panahan. “Kami ingin meningkatkan terlebih dahulu sarana latihannya dan terus mempromosikan cabang ini ke mahasiswa. Agar mahasiswa tertarik untuk gabung,” ujarnya.

Eko menjelaskan, saat ini lapangan Panahan dibuka setiap sore. Ada 3 buah target dengan jarak antara 10-20 meter. Ada beberapa menu latihan yang disiapkan seperti latihan berdiri (stance), setting, pegangan (grip), koordinasi, dan melepas anak panah (release).

Rektor Universitas Teknokrat Indonesia Dr. HM Nasrullah Yusuf, SE, MBA mengatakan, bahwa universitas sangat mendorong minat dan bakat mahasiswa di bidang olahraga. Bahkan tak sekadar minat, tetapi juga untuk prestasi.

“Olahraga merupakan salah satu andalan prestasi mahasiswa. Berbagai prestasi telah kami raih. Selain itu, kami juga konsisten mengadakan berbagai kejuaraan tingkat pelajar. Kami senantiasa memberikan kontribusi bagi pengembangan prestasi olahraga di Provinsi Lampung,” tutur Nasrullah usai memantau aktivitas latihan di Lapangan Panahan.

Berbagai prestasi olahraga telah diraih mahasiswa baik di tingkat nasional maupun internasional. Selama 2018, mahasiswa meraih berbagai kejuaraan di berbaai cabang, seperti Juara Pencak Silat IPSI Lampung, Juara Futsal dan Basket Pomda, Juara Nasional Taekwondo, Juara Nasional Panahan, serta Juara Karate Tingkat Internasional SBY Cup.

Go to Top