Dosen Fakultas Sastra Dan Ilmu Pendidikan (Fsip) Universitas Teknokrat Indonesia Peserta Terbaik Pertama Pelatihan Metodologi Pengajaran Nasional
en id
Thursday, 20 September 2018

Latest News

Dosen Fakultas Sastra Dan Ilmu Pendidikan (Fsip) Universitas Teknokrat Indonesia Peserta Terbaik Pertama Pelatihan Metodologi Pengajaran Nasional

Dalam Pelatihan Metodologi Pengajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) Seri 1 yang diadakan Universitas Pendidikan Indonesia Bandung bekerja sama dengan Asosiasi Pengajar dan Pegiat BIPA (APPBIPA),  Achmad Yudi Wahyudin, M.Pd. yang merupakan dosen Fakultas Sastra dan Ilmu Pendidikan (FSIP) Universitas Teknokrat Indonesia dianugerahi penghargaan membanggakan sebagai peserta terbaik pertama.

Peserta terbaik dalam pelatihan yang berlangsung di gedung Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra (FPBS) UPI ini ditentukan melalui proses seleksi yang ketat dengan kriteria keaktifan, kedisiplinan, dan performansi. “Selama pelatihan kami harus mengikuti pre-test, rangkaian materi, post-test dan praktik microteaching dengan sangat disiplin”, tutur pria yang akrab dipanggil Yudi ini. Pada proses microteaching peserta wajib mensimulasikan model pengajaran BIPA bagi sekolah atau universitas luar negeri yang memiliki mata pelajaran/kuliah Bahasa Indonesia. “Pada proses microteaching saya memilih mempraktikkan pengajaran Bahasa Indonesia bagi mahasiswa Australia karena saya memiliki background Bahasa Inggris dan kebetulan saya memiliki cita-cita untuk lanjut studi program doktor di sana”, sambungnya.

Kegiatan tahunan yang bermisikan “Mewujudkan Internasionalisasi Bahasa Indonesia” ini diikuti oleh 50 peserta yang merupakan guru dan dosen berasal dari dalam dan luar pulau Jawa. Dalam pelatihan ini peserta dituntut untuk memiliki kedisiplinan yang tinggi untuk mengikuti rangkaian pelatihan selama empat hari (22-25 Januari 2018). Adapun materi pelatihan Metodologi Pengajaran BIPA Seri 1 ini  mencakup Ikhwal Ke-BIPA-an, Wawasan Kebangsaan, Metode Pembelajaran BIPA, Kompetensi Bahasa dan Berbahasa, Kompetensi Sastra dan Bersastra, Dasar Pemilihan Bahan Ajar, Media Pembelajaran BIPA, Evaluasi Pembelajaran BIPA, dan Perencanaan Pengajaran BIPA.

Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Dekan Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra (FPBS) Prof. Dr. Syihabuddin, M.Pd. diselenggarakan secara meriah dengan menampilkan kebolehan mahasiswa asing dalam menuturkan Bahasa Indonesia. “Saya berharap kegiatan pelatihan ini tidak hanya menjadi suatu wadah untuk meningkatkan profesionalitas pendidik Bahasa Indonesia bagi penutur asing, tetapi juga wadah untuk saling bertukar pengalaman dan ilmu”, tutur Syihabuddin. Hal ini juga diamini oleh ketua APPBIPA Dr.Hj. Nuny Sulistiany Idris, M.Pd. “Saya berharap setelah mengikuti kegiatan ini seluruh peserta dapat menerapkan dan membagikan ilmunya ke institusi masing-masing tempat mereka bekerja”, ujarnya.

Terpisah, Rektor Universitas Teknokrat Indonesia, Dr. HM. Nasrullah Yusuf SE., MBA. mengaku cukup bangga atas penghargaan yang diraih dosennya. Hal ini juga merupakan bukti komitmen Universitas Teknokrat Indonesia dalam menjaga mutu penyelenggaraan pendidikannya.  “Kami terus mendukung dan mendorong dosen-dosen untuk mengembangkan kompetensi mengajar dan juga profesionalitas agar berdampak positif terhadap standar mutu pendidikan Universitas Teknokrat Indonesia” ujarnya. “Dengan memiliki para tenaga pendidik yang handal, Insya Allah Universitas Teknokrat Indonesia akan menghasilkan para lulusan yang unggul” sambungnya. 

Go to Top