DOSEN TEKNOKRAT MELAJU KE PEMILIHAN DOSEN BERPRESTASI TINGKAT NASIONAL
en id
Thursday, 20 September 2018

Latest News

DOSEN TEKNOKRAT MELAJU KE PEMILIHAN DOSEN BERPRESTASI TINGKAT NASIONAL

Perguruan Tinggi Teknokrat tidak henti-hentinya menorehkan prestasi. Kali ini, dosen Perguruan Tinggi Teknokrat, Akhyar Rido, S.S., M.A. berhasil menjadi juara 2 (dua) pemilihan dosen berprestasi tingkat Kopertis Wilayah II tahun 2011 dan melaju ke tingkat nasional. Pemilihan dosen berprestasi ini berlangsung pada 1 Juni 2011 di Hotel Marcopolo dengan finalis yang berasal dari 5 (lima) perguruan tinggi swasta antara lain STBA Teknokrat Lampung, Universitas Bina Dharma Palembang, IBI Dharmajaya, Universitas Muhammadiyah Bengkulu, dan Universitas Muhammadiyah Lampung.

 

Pemilihan dosen berprestasi ini terdiri dari 3(tiga) tahapan. Tahapan pertama adalah seleksi berkas, dilanjutkan dengan presentasi karya unggulan, dan yang terakhir diskusi isu terkini. Sedangkan dewan juri terdiri dari 5 (lima) professor dan doktor yang yang berasal dari berbagai bidang. Kordinator Kopertis Wilayah II, Prof. Dr. Diah Natalisa, MBA bahkan tampil sebagai salah satu dewan juri. Kriteria penilaian sendiri didasarkan atas prestasi unggulan perencaaan dan pelaksanaan kegiatan tri dharma perguruan tinggi selama 3 (tiga) tahun terakhir (2009-2011). Akhyar Rido, S.S., M.A. memiliki prestasi unggulan tersebut—dibidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat (PkM).
 
Prestasi unggul dibidang pendidikan adalah didapati aktivitas yang mumpuni untuk pembelajaran di kelas dan pembimbingan mahasiswa. prestasi unggul dibidang penelitian adalah berhasil diterbitkannya 3 (tiga) artikel ilmiah di berkala lokal dan nasional. Dari 3 (artikel) tersebut, 1 diantaranya diterbitkan di berkala nasional terakreditasi, yaitu Jurnal TEFLIN pada tahun 2010. Di samping itu, sejumlah makalah ilmiah yang ditulis berhasil diprestasikan dalam konferensi ilmiah tingkat internasional dan nasional, diantaranya pada International Conference on Creative Writing 2011, Jember, Indonesia; 2nd International Conference on FLLT 2011, Bangkok, Thailand; The 57th TEFLIN International Conference 2010, Bandung, Indonesia; dan 3rd  International Conference on Applied Linguistics 2010, Bandung, Indonesia.

 

Ditambah lagi, sebuah Cakram Padat pembelajaran bahasa Inggris untuk menunjang mata kuliah reading berbasis software Hot Potatoes berhasi dibuat. Cakram padat ini merupakan hasil dari suatu penelitian pengembangan yang memperoleh dana dari DIPA Kopertis tahun 2010. Prestasi unggul dibidang pengabdian pada masyarakat yang dapat dibanggakan adalah menjadi pemateri dalam sejumlah pelatihan dan menjadi penerjemah tamu dalam kegiatan tingkat lokal, nasional, dan interansional, diantaranya menjadi penerjemah tamu atas undangan Konfederasi Sepak Bola Asia. Dalam kegiatan ini, delegsi yang hadir adalah presiden-presiden asosiasi sepak bola negara-negara se-Asia dan sejumlah perwakilan klub terkenal dunia seperti Manchester United, Arsenal, Chelasea, dan Tottenham Hotspur.

 

Akhyar Rido, S.S., M.A. mengungkapkan bahwa prestasi unggul yang diraih selama ini dapat terpenuhi oleh karena adanya dukungan dari pihak perguruan tinggi baik dalam bentuk moril maupun materil mengupayakan seluruh dosen melaksanakan kegiatan tri dharma perguruan tinggi yang unggul. Dosen yang menghasilkan prestasi unggul tentunya akan memberikan dampak bagi perguruan tinggi untuk memperoleh predikat unggul baik dalam pendidikan, penelitian, maupun pengabdian kepada masyarakat.

 

Ketua Perguruan Tinggi Teknokrat Dr. H.M. Nasrullah Yusuf, SE., MBA., mengungkapkan suka cita dan rasa syukur atas prestasi yang diperoleh salah satu dosennya. Prestasi ini membuktikan bahawa dosen Perguruan Tinggi Teknokrat berkualitas. Ini juga menjadi bukti bahwa kegiatan tri dharma mendapat perhatian serius dari perguruan tinggi. Oleh karena prestasi ini, Perguruan Tinggi Teknokrat memberikan penghargaan kepada Akhyar Rido, S.S., M.A. Acara permberian penghargaan berlangsung pada 4 Juni 2011 di Perguruan Tinggi Teknokrat.
Go to Top