SUKURAN H.S JUARAI LINTAS ALAM TINGKAT NASIONAL
en id
Sunday, 23 September 2018

Latest News

SUKURAN H.S JUARAI LINTAS ALAM TINGKAT NASIONAL

Prestasi Sukuran H.S., mahasiswa semster V jurusan Sistem Informasi Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Teknokrat, patut dibanggakan.  Beberapa kali menjuarai lomba lintas alam tingkat nasional.Mahasiswa kelahiran Bandarlampung, 29 september 1992, ini meraih juara I Lomba Lintas Alam di Bukit Barisan Selatan tingkat Nasional 2010 dan juara 3 Lomba Lintas Medan Resimen Mahasiswa (Menwa) se-Indonesia tahun 2011. Selain itu, juara format katagori A serta juara katagori B harapan I Lomba Lintas Medan III di Universitas Negeri Semarang 2011.

Diakuinya, sebelum bisa seperti sekarang ini, ia mulai mengukir presrasinya di masa sekolah.  Misalnya pernah menjadi juara I PBB tinkat Kecamatan Kedaton 2002, Juara I PBB tingkat provinsi di UNILA 2007, juara I Troubleshooting Contest Yamaha di Metro 2008, dan juara I lomba baris-berbaris tingkat provinsi tahun 2009.
Anak pasangan M.Sarkawi dan Hasimah ini menjelaskan, ketika meraih juara 3 Lomba Lintas Medan Menwa se-Indonesia tahun 2011 itu diikuti 32 provinsi, kecuali Bali yang tidak mengirimkan perwakilannya.
 
"Seleksi untuk ke tingkat nasional cukup ketat, sebab sebelumnya kami diseleksi di Teknokrat, dengan 12 tim diseleksi hingga terpilih 2 tim untuk putra dan putri," katanya.
Selesksi pertama adalah untuk fisik, misalnya lari, push up, back up, pull up, dan keliling lapangan selama seminggu yang langsung dilatih komandan Batalyon 209 Teknokrat.
 
"Dilanjutkan seleksi tinggi badan yakni standar harus 168 cm, seleksi kemampuan dalam pengetahuan misalnya mengetahui penggunaan kompas, arah mata angin peta, dan survival, serta terakhir seleksi mental," papar warga jalan akasia I nomor 19, tanjungkarang, bandarlampung ini.
 
Pada akhirnya, terpilih dua tim mewakili Teknokrat, yakni tim putri dan putra atas nama Sukuran sebagai ketua satuan. Ia dibantu Anton dan Aan Budiawan sebagai anggota.
Namun, seleksi masih ada lagi. Sebab, lampung hanya mengirimkan satu perwakilannya dari beberapa Menwa di PTN atau PTS di Lampung. "Misalnya ada 201 Menwa Unila, 202 Menwa IAIN, 208 Menwa STKIP PGRI Pringsewu, dan 205 Menwa Universitas Malahayati (Unimal)." ungkapnya.
 
Dari 32 provinsi, kata dia, Lampung bisa mendapat juara ke tiga dil lintas medan tersebut. Anak pertama dari empat bersaudara ini juga mengatakan, kendati sangat menyukai berorganisasi dan berpetualang, dia juga mempelajari bidang ilmu komputer karena itu adalah jurusan yang diambilnya.
 
Ia pun meberikan kiat-kiat agar berprestasi. Yakni pintar membagi waktu sebab berorganisasi dan kuliah lumayan berat. "Jika memiliki menajemen waktu yang baik dan menjaga kepercayaan dari diri sendiri maupun dari kampus yang selalu memotivasi untuk berprestasi, maka kita pasti bisa berhasil," terang dia.
Go to Top