Duta Teknokrat 2012 "Culturely Amaizing, Modernly Expanding and High-mindedly Discovering"
en id
Thursday, 20 September 2018

Latest News

Duta Teknokrat 2012 "Culturely Amaizing, Modernly Expanding and High-mindedly Discovering"

Duta TEKNOKRAT memiliki tujuan untuk:
1.    Memilih ”Icon Mahasiswa/i” perguruan tinggi TEKNOKRAT yang merepresentasikan Perguruan Tinggi TEKNOKRAT yang Disiplin, Bermutu, Inovatif dan Kreatif.
2.    Memilih perwakilan Perguruan tinggi TEKNOKRAT yang akan mewakili Perguruan Tinggi TEKNOKRAT

dalam Ajang perlombaan Kepemudaan seperti (Muli – Mekhanai, Putri Pariwisata dan Pemilihan Putri Indonesia, Duta Bahasa bahkan Pertukaran Pemuda Antar Propinsi maupun Antar Negara)
3.    Melatih dan Membentuk Mahasiswa/i yang Sadar akan Kebudayaan, Pariwisata, Seni dan Budaya namun Dinamis dan Modern serta kreatif.

Sejarahnya:

Pemilihan Duta TEKNOKRAT dimulai dari Gebyar Brotherhood LPBM tahun 1998 dimana Perguruan Tinggi TEKNOKRAT memilih ”King and Queen” untuk Pertama kalinya. Lalu Berkembang pada tahun 2002 dengan adanya pemilihan Putra/i STMIK yang disusul oleh Putra/i AMIK pada tahun 2004 dan pada tahun 2006 STBA Bergabung dengan mengadakan pemilihan Prince dan Princess. 

 

Secara Official Kompetisi antar institusi ini di adakan secara rutin dengan nama “PEMILIHAN DUTA TEKNOKRAT” pada Tahun 2008. dengan memperlombakan para pemenang dari tiap – tiap Institusi yang nantinya menjadi Icon Perguruan Tinggi TEKNOKRAT.

 

Pada tahun ini pemilihan DUTA TEKNOKRAT sangat berbeda dimana pemilihan di masing – masing Institusi layaknya (King and Queen LPBM, Putra – Putri STMIK/ AMIK, dan Prince and Princess STBA) ditiadakan. Sehingga semua Mahasiswa/i Perguruan Tinggi TEKNOKRAT dapat mengakses kegiatan ini secara baik. Selebih lagi berdirinya UKM DUTA TEKNOKRAT yang telah diresmikan pada bulan September 2011 sebagai Wadah bagi DUTA TEKNOKRAT untuk berkontribusi sebagai Pemuda sesuai dengan tujuanya setelah rangkaian kegiatan sebagai finalis, wadah ini meruupakan pembuktian bagi Duta TEKNOKRAT bahwa pemilihan ini bukan hanya sekedar ”Ceremonial” namun suatu kegiatan yang memiliki kelanjutanya setelah terpilih sebagai Finalis maupun Duta TEKNOKRAT. 


Kriteria:

Penilaian pada Pemilihan DUTA TEKNOKRAT di adaptasi dari beberapa pemilihan ”Beauty peagent” seperti Muli-Mekhanai dan Putri Indonesia sehingga di simpulkan beberapa kriteria penilaian berikut ini:


1.    Beauty
2.    Brain
3.    Personality
4.    Mentality 
5.    Talents 

5 kriteria di atas merupakan penilaian yang sangat crusial mengapa karna memang fisik dan penampilan adalah tolak ukur yang sangat penting, kepribadian yang baik dan mental yang pemberani dan kemampuan seni yang tinggi, menjadi syarat mutlak untuk menjadi oicon terlebih lagi bagi kampus yang Modern nan Dinamis layaknya Perguruan Tinggi TEKNOKRAT.


Tahapan pada Tahun ini:

Adapun Tahapan – tahapan yang di laksanakan pada tahun ini adalah:

1.    Pendaftaran

Pada tahap ini Panitia Duta Teknokrat 2012 telah mendapatkan 150 orang pendaftar yang menjadi perwakilan masing – masing Jurusan dan Institusi

2.    Audisi

Tahap audisi dilaksanakan pada tanggal 12 – 16 april 2012 dimana masing – masing peserta dari masing – masing institusi akan di interview melalui bebrapa bidang, diantaranya (Ilmu Pengatuhan Umum, Kepribadian, Bahasa Inggris, dan Kebudayaan, Pariwisata dan seni) dan pada tahap ini terpilih 44 orang atau (22 Semifinalis Putra dan 22 Semifinalis Putri) yang akan melaju pada tahap Talentshow / unjuk bakat seni. 

3.    Semifinal (telent show)

Pada tahapan ini ke 44 orang semifinalis Duta TEKNOKRAT akan menunjukan kemampuan atau bakat seninya di hadapan dewan juri yang kredibilitasnya tak lagi di ragukan di bidang ”Beauty Peagent” diantaranya:

 

1.    Yunita Maya Putri, S.S.,S.H.,M.H, (Queen LPBM 2005 dan Muli Kota Bandar lampung 2005, serta pembina UKM DUTA TEKNOKRAT, Pengajar Pengembangan Pribadi Di PT TEKNOKRAT)
2.    Indra Pradya, S.S., (Mekhanai Pariwisata Kota Bandar Lampung 2002 – 2010, Sekretaris IMKOBAL, dosen Pengembangan Pribadi, Tourism dan costumer service di PT.TEKNOKRAT, Bidang Pemasaran DISBUDPAR Kota Bandar Lampung)

3.    Mario Nugraha, A.md.,

(Favorite Prince STBA 2007, Mekhanai Pesawaran 2008, Finalis Mekhanai Provinsi Lampung 2008, Ketua Umum IMMeL Periode 2009 – 2011) 
4.    Sheila Koesin (Queen LPBM 2009, The 2nd Runner Up KOPERTIS Debating Competition 2011, National Champion in NUEDC 2011 for EFL Catagory, Perwakilan Indonesia dalam World Youth Summit yang di selanggarakan di Zurich, Swiss pada tahun 2011, Perwakilan Indonesia pada World Debating Championship di De La sale University, Philipne 2011, dan Perwakilan Indonesia dalam Pertukaran Pemuda Indonesia – Korea Selatan 2012)
5.    Wira Kurniawan (Mekhanai Harapan III Kota Bandar lampung, Mekhanai III Provinsi Lampung 2011 dan 10 Besar Pemilihan Duta Wisata Indonesia (PDWI Ke III, Palu 2011) Pengurus IMKOBAL, IMMeL dan ADWINDO))

6.    Ledia Nurmalini (Muli Harapan I Kota Bandar Lampung 2010, pengurus DPN ADWINDO (Assosiasi Duta Wisata Indonesia), 10 Besar PDWI III Palu 2011)

Pada tahapan Semifinal yang telah dilaksanakan pada 13 April 2012 ini terpilh lah 22 Finalis DUTA Perguruan Tinggi TEKNOKRAT 2012 yang terdiri dari 11 finalis Putra dan 11 finalis Putri. 

4.    Final / Karantina
Dalam tahapan ini Finalis Duta TEKNOKRAT 2012 akan melalui tahapan Karantina atau pelatihan – pelatihan. Seperti:
1.    Latihan Kepemimpinan dan mentalitas
2.    Latihan dan Test Public Speaking
3.    Sharing dengan IMKOBAL dan IMMeL (MM Kota dan Provinsi)
4.    Pelatihan Beauty Class oleh Sari Ayu
5.    Rendezvous bersama PPAN dan PPAP (Pertukaran Pemuda)
6.    Pengenalan Pariwisata oleh DISBUDPAR
7.    Pelatihan Seni dan Talents show  oleh UKMBS TEKNOKRAT
8.    Pelatihan Catwalk oleh IMMeL (MM Propinsi Lampung)
9.     Kunjungan – Kunjungan (TVRI, Radar Lampung, Lampung Post, Ozz Radio, Museum lampung dan Panti asuhan )
Yang beberapa diantaranya telah dilaksanakan sedari tanggal 15 April 2012.
5.    Grand Final 

Tahap Akhir dalam Pemilihan Duta TEKNOKRAT 2012 dimana pada tahap ini akan terpilih 6 pasang besar atau 12 besar lalu mereka akan menghadapi Public interview test dan akan terpilih 3 pasang utama atau 6 mahasiswa/i terbaik. Pada pemilihan pada tahun ini juga akan dilpilih bebrapa pemenang atribut sepert; Duta Favorite dimana sepasang Finalis yang terpilih berdasarkan Polling yang diberikan oleh seluruh Siswa di Lingkungan Perguruan Tinggi TEKNOKRAT, Duta Phogenic, Duta Persahabatan dan Duta Berbakat.

 

Melalui 5 tahapan yang dilaksanakan diatas diharapkan akan menghasilkan SDM yang layak dan sesuai dengan Tag line ”Icon” untuk Perguruan Tinggi TEKNOKRAT yang diharapkan juga dapat menjadi Contoh Bagi Mahasiswa maupun mahasiswi di Perguruan tinggi TEKNOKRAT.

 

Go to Top