DOSEN TEKNOKRAT PEROLEH DANA PENELITIAN
en id
Sunday, 23 September 2018

Latest News

DOSEN TEKNOKRAT PEROLEH DANA PENELITIAN

Pada November 2010 yang lalu empat orang dosen Perguruan Tinggi Teknokrat telah berhasil mempresentasikan penelitian mereka dihadapan para reviewer. 

Dana penelitian-penelitian tersebut diperoleh dari Kementerian Pendidikan Nasional melalui DIPA Kopertis Wilayah II 2009. Dosen-dosen yang berhasil memperoleh dana penelitian tersebut antara lain Akhyar Rido, S.S., M.A. dan Samanik S.S., M.Hum (Prodi Sastra Inggris), Adi Novriyanto, S.Pd. (Prodi Bahasa Jepang), dan Fatmawati, SE (Prodi Komputerisasi Akuntansi). Masing-masing penelitian memperoleh dana sebesar 10 juta rupiah.Rido dan Samanik meneliti pengembangan software hot potatoes dalam pembelajaran bahasa Inggris sedangkan Adi mengkaji penggunaan audio-visual dalam pembelajaran bahasa Jepang. Sementara itu Fatma meneliti hal-hal yang berhubungan dengan perbankan.

Seluruh dosen peneliti menyatakan suka citanya telah berhasil merampungkan penelitian mereka dan memperoleh bantuan dana penelitian dari pemerintah. Dalam penelitian tersebut sejumlah mahasiswa juga dilibatkan. Mereka berharap penelitian tersebut dapat memberikan pengalaman meneliti bagi para mahasiswa. Lebih jauh lagi diharapkan hasil penelitian dapat diaplikasikan dalam kegiatan pembelajaran di kelas dan dikembangkan lebih luas lagi di masa mendatang.

Sebenarnya, penelitian bukanlah hal yang asing bagi dosen di lingkungan Perguruan Tinggi Teknokrat.  Seluruh dosen diwajibkan meneliti. Dana penelitian diperoleh baik dari pihak institusi maupun pihak luar. “Budaya meneliti perlu ditumbuhkembangkan dan menjadi bagian dari kehidupan para dosen di Perguruan Tinggi Teknokrat,” ungkap Ketua Perguruan Tinggi Teknokrat, Dr. H.M. Nasrullah Yusuf, S.E., M.B.A.

Sejumlah penelitian dosen Perguruan Tinggi Teknokrat telah mengharumkan nama perguruan tinggi, provinsi Lampung, dan Negara Republik Indonesia dan teruji dalam berbagai ajang ilmiah tingkat nasional dan internasional. Penelitian-penelitian tersebut telah dipresentasikan pada Asia TEFL International Conference di Bali dan Hanoi, TEFLIN International Conference di Malang dan Bandung, English and Asia: International Conference on Language and Linguistics di Kuala Lumpur, International Conference on Applied Linguistics di Bandung, dan Seminar Nasional Teknologi Informasi (SNATI) di Jogjakarta. Selain itu, artikel-artikel Ilmiah dosen juga sudah dimuat disejumlah jurnal seperti Teknosastik, Teknokompak, Kelasa (Jurnal Kantor Bahasa), dan TEFLIN Journal. Ini menjadi bukti betapa budaya meneliti telah menjadi komitmen Perguruan Tinggi Teknokrat dan para dosennya.

Go to Top