JAPAN POPULAR LITERATURE JAPAN POPULAR LITERATURE
en id
Monday, 23 July 2018

Latest News

JAPAN POPULAR LITERATURE JAPAN POPULAR LITERATURE

Hari senin 15 Oktober 2012 di ruang pertemuan GSG Perguruan Tinggi Teknokrat telah diselenggarakan agenda rutin yaitu seminar dua bulanan dosen STBA Teknokrat. Kegiatan ini bertujuan menseminasikan hasil penelitian dosen dan mempresentasikannya kepada mahasiwa. Pemateri pada bulan oktober ini 2 orang staf pengajar bahasa Jepang Yendri Amela dan Araki Mari yang merupakan dosen native speaker dari Jepang. Kedua pembicara tersebut mempresentasikan hasil kajian mereka tentang novel Jepang Madogiwa no Totto-chan.
 
Yendri sensei mempresentasikan hasil penelitiannya mengenai persamaan dan perbedaan novel Madogiwa no Totto-chan dengan novel Laskar Pelangi menggunakan Teori Struktural dan Sosiologi Pendidikan. Dijelaskan bahwa secara struktural kedua Novel tersebut memiliki kesamaan dan perbedaan secara tematis, tokoh dan penokohan, serta latar. Selain itu, dari perspektif sosiologi pendidikan terdapat kesamaan terkait peranan sosial guru, pengaruh kepribadian guru terhadap kelakuan anak, dan fungsi sekolah dalam sosialisasi murid.  
 
Dalm kesempatan yang sama, Mari Sensei mempresentasikan tentang kepupuleran novel Madogiwa no Totto-chan. Dijelaskan bahwa kepopuleranya tidak hanya di Jepang, namun juga di dunia. Novel ini terkenal karena membawa misi kedamaian dan kecerian untuk anak-anak di dunia tuturnya. Dengan membaca novel tersebut, pembaca akan dibawa kembali mengenang masa kanak-kanak mereka. Novel tersebut juga memberikan gambaran keadaan di Jepang saat perang dunia kedua. 
Go to Top