Bentuk Visi Mahasiswa Melalui KKL di Bandung Japanese School dan PT AICHI TEX Indonesia
en id
Thursday, 20 September 2018

Latest News

Bentuk Visi Mahasiswa Melalui KKL di Bandung Japanese School dan PT AICHI TEX Indonesia

Untuk memberikan pengalaman, pengenalan terhadap dunia usaha dan industri yang berhubungan dengan kegiatan pengembangan fisik meliputi aspek ilmu pengetahuan, manajemen, administrasi, bahasa asing, teknologi informasi dan komunikasi  yang sangat dibutuhkan di dunia kerja, Program Studi Diploma III Bahasa Jepang STBA Teknokrat mengadakan Uji Kemampuan Berbahasa Jepang /UKBJ (日本語能力試験Nihongo Noryoku Shiken) dan Kuliah Kerja Lapangan/KKL (工場見学Koujou Kengaku). UKBJ dan KKL ini merupakan program kerja tahunan yang diikuti oleh staf pengajar dan mahasasiswa Prodi D III bahasa Jepang pada tanggal 1-4 Desember 2012 di wilayah Bandung.
 
Uji kemampuan Berbahasa Jepang (UKBJ) dalam bahasa Jepangnya lebih dikenal dengan Nihongo Noryoku Shiken,  telah dilaksanakan sejak  tahun 1984 sebagai sebuah ujian berbahasa untuk mengevaluasi dan memberikan sertifikasi kemampuan berbahasa Jepang bagi orang yang bukan penutur asli. Pada tahun 2012 UKBJ  dilaksanakan oleh The Japan Foundation dan Japan Educational Exchanges and Services yang diikuti oleh seluruh pembelajar bahasa Jepang diseluruh dunia secara serentak pada hari minggu, 2 Desember 2012. Untuk wilayah Indonesia UKBJ  ini dilakukan diwilayah Medan, Padang, Bandung, Jakarta, Jogjakarta, Surabaya, Bali dan Makasar dan khususnya bagi institusi penyelenggara pembelajaran bahasa Jepang. UKBJ untuk wilayah Bandung  dilaksanakan di Universitas Widyatama ,  ujian ini terdiri dari 5 level yaitu N1(new Nihongo 1) sebagai level tertinggi sampai N5 yang merupakan level terendah.   
 
 
 
Untuk memahami situasi percakapan dan melatih ketrampilan berbahasa Jepang, mahasiswa berkesempatan melakukan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) di Bandung Japanese School (Bandong Nihonjin Gakkou) yang telah berdiri sejak zaman kolonial Belanda. Sekolah Orang Jepang di Bandung ini merupakan sekolah yang diperuntukan bagi anak-anak kaum ekspatriat yang bekerja sebagai diplomat, pengusaha dan industriawan di wilayah Bandung dan sekitarnya. Kurikulum yang diterapkan di sekolah ini juga sama seperti sekolah –sekolah di Jepang mulai dari Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar sampai Sekolah Menengah Pertama. Dalam KKL ini mahasiswa dapat langsung melihat proses belajar mengajar dan berinteraksi dengan siswa-siswa di sekolah tersebut sehingga gambaran nyata tentang suasana belajar di kelas murid-murid Jepang dapat dirasakan langsung oleh mahasiswa Prodi D III Bahasa Jepang. Sekolah yang beralamatkan di Jalan Cimbeleuit no. 199 Bandung Jawa Barat ini pengawasan proses dan mutunya langsung berada dibawah Kedutaan Besar Jepang di Indonesia.
 
Prodi D III bahasa Jepang STBA Teknokrat terus berkomitmen untuk menghasilkan lulusan yang berkompeten dalam bahasa Jepang untuk bidang perkantoran dan kesekretariatan serta manajemen bisnis dan industri, oleh karena itu  tujuan KKL selanjutnya adalah PT. Aichi Tex Indonesia. PT Aichi Tex Indonesia merupakan perusahaan PMA Jepang murni  yang bergerak di bidang manufaktur tekstil untuk bahan lakban (selotape) beralamatkan di kawasan Dwipapuri jalan Rancaekek km 24,5 Sumedang Indonesia. PT Aichi Tex Indonesia juga merupakan salah satu lokasi Praktek Kerja Lapangan (PKL) mahasiswa Prodi D III Bahasa Jepang mulai dari tahun 2006 sampai sekarang  dan telah menghasilkan alumni-alumni yang  bekerja diberbagai perusahaan manufaktur di Jepang.
 
 
 
Mahasiswa- mahasiswa Prodi D III Bahasa Jepang sangat antusias dalam mengikuti berbagai sesi kegiatan di PT Aichi Tex Indonesia seperti pengenalan sejarah perusahaan, sistem dan manajemen industri Jepang, proses dan target produksi maupun pengembangan sumber daya karyawan. Kegiatan lainnya adalah visitasi langsung di lokasi proses produksi tekstil yang dipandu oleh staf karyawan dan terbagi dalam beberapa kelompok kerja mahasiswa bidang manajemen perkantoran seperti Office Organization, System and Procedure, Office Planning and Layout,dan Personel  Welfare. Setelah mengadakan visitasi dan diskusi interaktif langsung dengan staf manajemen PT Aichi Tex indonesia, mahasiswa dan staf pengajar bahasa Jepang menerima satu persatu cindera mata khas berupa lakban(selotape) berkualitas ekspor.(Ase)
Go to Top